Kamis, 20 November 2008

Promosi Web Ruang Publik

Apa itu Ruang Publik?

Ruang Publik disini adalah website-website yang menyediakan ruang terbuka untuk dapat diisi oleh publik. Ruang Publik ada beberapa macam yaitu : Forum Diskusi, Buku Tamu, Shout Box, Mailing List (Milis) dan Open Directory. Dengan memanfaatkan ruang publik-ruang publik tersebut, kita akan dapat melakukan promosi secara gratis dan berpotensi mengantarkan pengunjung website tersebut ke website anda.

Masing-masing Ruang Publik memiliki ciri khas tersendiri dan keunggulan serta kekurangan masing-masing. Namun, ruang publik-ruang publik tersebut sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trafik anda. Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pemanfaatan ruang publik agar potensi kunjungan ke website anda semakin besar. Saya akan membaginya menurut bentuk ruang publik masing-masing :

Forum Diskusi

Pengunjung forum ini adalah suatu komunitas tertentu. Anda harus pandai-pandai mencari komunitas yang sesuai dengan website anda. Akan sangat konyol nantinya jika anda mempromosikan website tentang masakan di forum diskusi yang membicarakan musik. Maka pandai-pandailah memilih ruang publik. Adapun hal-hal yang bisa dilakukan di ruang publik ini adalah sebagai berikut :

  • Isilah profil secara lengkap terutama nama website dan URL website.
  • Siapkan signature yang menarik. Signature ini akan muncul di setiap pesan yang kamu kirimkan.
  • Berusahalah menyelesaikan permasalahan yang ada di forum dengan solusi-solusi cerdas. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan reputasimu di forum tersebut.
  • Hindari OOT alias Out Of Topic. Pastikan setiap postingan anda bermutu sehingga penghuni forum akan mengenal anda sebagai profesional.
  • Postingkan sedikit hal tentang website anda di forum tersebut. Usahakan tak bernada promosi.

Mailing List (Milis)

Mailing List adalah bentuk komunikasi melalui e-mail yang akan disebarkan ke semua anggota milis. Untuk melakukan promsi melalui milis ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  • Pilihlah milis yang memiliki anggota cukup banyak (minimal 100 orang)
  • Bila anda menemukan milis yang tanpa moderator, segeralah bergabung.
  • Pastikan milis tersebut se-visi dengan website anda.
  • Buatlah signature emailmu semenarik mungkin. Ingat! Jangan gunakan gambar, karena tak semua web mail mendukung HTML, cukup gunakan text saja.
  • Kirimlah update terbaru websitemu di milis. Anda bisa mengirimkan resumenya saja dan memberikan link untuk membaca artikel secara lengkap.
  • Hindari OOT
  • Pilihlah subject surat yang menarik dan mampu menggambarkan isi email dengan baik.

Shout Box dan Buku Tamu

Pesan di Shout Box ini sebenarnya sangat jarang dilihat, maka anda bisa langsung beriklan disini. Namun, akan lebih baik jika kata-kata yang dipilih cenderung informatif daripada promotif.

TIPS : Sebelum beriklan di shout box atau buku tamu, ada baiknya anda mencari kelemahan website tersebut. Lalu tawarkan sebuah solusi yang ada di website anda. Hal ini akan menjadi sebuah informasi yang sangat berharga bagi pemilik web dan sudah pasti dia akan berkunjung ke website anda.

 

Tidak ada komentar: